Islamic Studies

Iyyaka na'budu wa iyyaka nastaien

save the earth (1) >> waiman cakrabuana


~ BUMI untuk manusia ~

Manusia dengan bumi ini, terikat oleh ikatan kuat sunnatullah. Sudah sunnatullah (ketetapan Allah Ta’ala),  bahwa bumi ini disediakan (diciptakan) oleh Allah untuk kepentingan manusia, “kholaqo lakum Maa Fil Ardhi Jami’an” (Allah cipatakan segala apa yang ada dimuka bumi ini untuk manusia). Firman Allah SWT : “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di BUMI untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit! Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. “(QS. 2:29). Oleh karena itu manusia dipersilahkan oleh Allah untuk memanfaatkan segala kandungan bumi ini selama dihalalkan oleh Allah. Firman Allah: “Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di BUMI dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. 2:168)

Allah juga telah mendesain bumi ini agar cocok didiami oleh manusia. Firman Allah SWT: “Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka BUMI dan Kami adakan bagimu di muka BUMI itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.” (QS. 7:10).

Allah-lah yang telah menciptakan langit dan BUMI dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. (QS. 14:32)

Dan Kami telah menghamparkan BUMI dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. (QS. 15:19)

Dan Kami telah menjadikan untukmu di BUMI keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakan pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezki kepadanya. (QS. 15:20)

Lihat juga QS 16:13-15, 20:53, 21:31, 22:65, 27:61, 40:64, 43:10, 45:13, 50:7, 51:48, 54:12, 55:10, 71:19-20, dan 78:6

Ayat-ayat diatas dengan jelas menunjukan bahwa BUMI ini diciptakan oleh Allah untuk kepentingan manusia dan telah mendesain bumi ini menjadi tempat yang cocok untuk dijadikan tempat tinggal bagi manusia.

Allah berfirman:” Di BUMI itu kamu hidup dan di di BUMI itu kamu mati, dan dari BUMI itu (pula) kamu akan dibangkitkan.”  (QS. 7:25)

Dari BUMI (tanah) itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripadanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain. (QS. 20:55).***** (waicak sept 12)

wallahu a’lam bishawab

seri SAVE THE EARTH

~ Bumi UntukManusia

~ Jangan Rusak Bumi Ini

~ Manusia Untuk Bumi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 12 Oktober 2012 by in ~ Tsaqofah Islam.
%d blogger menyukai ini: