Islamic Studies

Iyyaka na'budu wa iyyaka nastaien

Keutamaan Ilmu dan Ilmu yang utama >> waiman cakrabuana


Keutamaan Ilmu dan Ilmu yang utama

  (أولوية العلم والعلوم الرئيسية)

by: Waiman Cakrabuana

فتعالى الله الملك الحق ولا تعجل بالقرآن من قبل أن يقضى إليك وحيه وقل رب زدني علما

Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al Qur’an sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan
(QS Thaha (20) ayat 114)

1. Keutamaan Ilmu (didalam Al-Qur’an) ~ أولوية العلم في القرآن

  1. Al-Aalim (orang berilmu) menjadi saksi ke-Esa-an Allah (3/18), Al-Jahil (orang bodoh) akan mensekutukan (syirik) kepada Allah (7/138) -> ( تشهد على وحدانية الله )
  2. Al-Aalim akan takut (khasyah-taqwa) kepada Allah Ta’ala (35/28), al-Jahil akan membangkang kepada Allah (2/6-7) -> ( الخوف من الله )
  3. Al-Aalim akan diangkat derajatnya oleh Allah Ta’ala (58/11) Al-Jahil akan direndahkan derajatnya oleh Allah Ta’ala (7/176) -> ( مرتبة يعينه الله )

2. Keutamaan Ilmu (didalam Al-Hadits) ~ أولوية العلم في الحديث

1. Jalan menuju kebaikan ( الطريق إلى الخير )

Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْراً يُفَقِّهْهُ فِي الدِّيْنِ

“Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya niscaya Allah akan menjadikannya faham dalam masalah agama.” (HR. Al-Bukhari no. 71, 2948, 6882 dan Muslim no. 1037)

2. Jalan menuju surga ( الطريق إلى الجنة )

Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

مَنْ سَلَكَ سَبِيْلاً يَبْتَغِي بِهِ عِلْماً، سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقاً إِلَى الْجَنَّةِ. وَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتِهَا لِطَالِبِ الْعِلْمِ رِضًا بِمَا يَصْنَعُ. وَإِنَّ الْعَالِمَ لَيَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلًّ شَيْءٍ حَتَّى الْحَيْتَانُ فِي الْمَاءِ. وَفَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ. وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ، إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَاراً وَلاَ دِرْهَماً, إِنَّمَا وَرَّثُْوا الْعِلْمَ, فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

“Barangsiapa yang menempuh sebuah jalan guna mencari ilmu niscaya Allah akan memudahkan jalannya untuk masuk ke dalam surga. Sesungguhnya para malaikat betul-betul meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena mereka ridha dengan apa yang dia tuntut. Sesungguhnya seorang alim (orang yang berilmu) itu dimintaampunkan oleh segala sesuatu sampai ikan-ikan di lautan. Kelebihan seorang alim di atas abid (ahli ibadah) adalah bagaikan kelebihan yang dimiliki oleh bulan di atas bintang-bintang lainnya. Para ulama adalah pewaris para nabi, dan sesungguhnya para nabi tidaklah mewariskan dinar dan tidak pula perak akan tetapi mereka hanya mewariskan ilmu, karenanya barangsiapa yang mengambilnya (ilmu) maka sungguh dia telah mengambil bagian yang sangat besar.” (HR. Abu Daud no. 3642 dan At-Tirmizi no. 2682 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 6297)

3. Jalan menuju lestarinya pahala ( الطريق إلى الخلود المكافآت ).

Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika manusia meninggal maka semua amalannya terputus kecuali tiga perkara: Kecuali sedekah jariyah, atau ilmu yang dimanfaatkan, atau anak saleh yang mendoakan untuknya.” (HR. Muslim no. 1631)

3. Ilmu Yang Utama ~ العلوم الرئيسية

3.1. Ilmu yang utama adalah akan menghantarkan kepada keutamaan ilmu ( أولوية العلم )
3.2. Ilmu yang utama adalah “mengenal Allah” dan “meng-Esakan Allah” (QS 47/19)
3.3. Ilmu yang utama adalah ilmu mengenai wasilah (sarana) untuk kita bisa dan mampu mengenal dan mentauhidkan Allah Ta’ala, yaitu; “ma’rifatur Rasul (23/69), Ma’rifatu Din (3/18-19) dan ma’rifatul Huda (25/30)” (QS 48/28).****  SBPRA01, okt 12

oOo

wassalaam

semoga bermanfaat

@waiman cakrabuana

Bandingkan Ilmu dengan Harta !

skema 01.

One comment on “Keutamaan Ilmu dan Ilmu yang utama >> waiman cakrabuana

  1. Ping-balik: Keutamaan Ilmu dan Ilmu Yang Utama @waiman cakrabuana « perhimpunanumatislam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20 Oktober 2012 by in TARBIYYAH.
%d blogger menyukai ini: