Islamic Studies

Iyyaka na'budu wa iyyaka nastaien

Tergesa-gesa atau Lambat? by waiman cakrabuana


Tergesa-gesa atau Lambat?

gagancangan

Salah satu sifat yang tercela adalah tergesa-gesa (isti’jal), sebab Rasulullah SAW menyatakan bahwa tergesa-gesa adalah dari Syetan:

التَّأَنيِّ مِنَ اللهِ وَ العُجْلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ

“Sifat perlahan-lahan (sabar) berasal dari Allah. Sedangkan sifat ingin tergesa-gesa itu berasal dari setan.” (HR Baihaqi)

Sifat TERGESA GESA berarti bertindak TIDAK TERATUR, biasanya disesak oleh kemarahan, balas dendam atau kepanikan.   Dan biasanya hasilnya justru bukannya bertambah baik tetapi bertambah buruk. Oleh karena itu bergerak tegesa gesa adalah hembusan syetan sementara bergerak tertib dan teratur adalah dari Allah,.

Bergerak TERATUR dan TERTIB tidak berarti LAMBAT, bahkan tetap harus dilakukan dengan CEPAT dan BERSEGERA, tepatnya CEPAT dan BERSEGERA dalam menunaikan Tugas Risalah dan Kebajikan.  Firman Allah Ta’ala: Mengapa kamu datang lebih cepat daripada kaummu, hai Musa. Berkata Musa : Itulah mereka sedang menyusuli aku dan aku bersegera kepada-Mu ya Rabb-ku supaya Engkau ridha (padaku) (QS. 20: 83-84)

Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan mereka menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang shaleh. (QS 3: 114)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 16 April 2013 by in ~ Hikmah.
%d blogger menyukai ini: